JUAL TAS DAN JAM TANGAN ONLIN pin BB : 26781074 / 75c862b0

Kamis, 08 November 2012

HINDARI KONSUMSI INI STELAH OLAHRAGA

Setelah latihan di gym, tubuh memerlukan nutrisi yang baik karena telah mengeluarkan banyak energi dan kalori. Makanan dengan kandungan protein tinggi serta vitamin dan mineral sangat baik bagi pemulihan tenaga pasca olah fisik. Namun ada pula makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi karena hanya akan menambah lemak dan kalori tak berarti, bahkan membuat tubuh bertambah lemas. Ini beberapa makanan tersebut, seperti dilansir iDiva.

1. Sayuran Mentah Segar
Sayuran mentah memiliki nutrisi yang masih utuh dan kaya akan enzim yang membantu melancarkan pencernaan dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Tapi makanan segar ini tidak cukup untuk memulihkan tubuh yang letih setelah intens beraktivitas fisik. Sayuran mentah bukanlah pilihan terbaik untuk pemulihan tenaga karena rendah kalori. Kalori yang cukup diperlukan tubuh untuk membantu mengembalikan energi dan mempertahankan tingkat metabolisme.

2. Minuman Bersoda
Sensasi gelembung-gelembung pada lidah saat meminum soda memang memberikan rasa segar pada mulut dan tenggorokan. Khususnya saat Anda merasa haus dan lelah setelah latihan. Tapi soda justru menjadi salah satu minuman yang sebaiknya dihindari pasca latihan fisik. Hal ini karena minuman soda mengandung gula cukup tinggi dan bisa memperlambat metabolisme tubuh. Jadi jika tujuan dari latihan adalah menurunkan berat badan, minum soda justru bisa menggemukkan. Lebih baik minum larutan elektrolit atau air mineral untuk merehidrasi tubuh Anda.

3. Makanan Mengandung Garam Tinggi
Keripik kentang, mie kering, biskuit atau stik keju merupakan camilan dengan rasa yang gurih dan lezat. Hampir semua orang tidak bisa menolak makanan ringan tersebut. Tapi mereka mengandung garam yang sangat tinggi, yang bisa menurunkan level potassium di dalam tubuh. Potassium merupakan mineral penting untuk menjaga sel berfungsi dengan baik. Jika ingin makan camilan setelah olahraga, pilihlah kacang almond atau kacang mede mentah atau dipanggang. Ingat, tanpa tambahan garam.

4. Permen & Cokelat
Cokelat (terutama cokelat susu) dan permen umumnya mengandung gula yang sangat tinggi. Gula memang bisa memberi tambahan energi dengan cepat setelah olahraga, tapi tidak memiliki nutrisi yang berarti bagi tubuh. Dibandingkan cokelat dan permen, akan lebih sehat jika Anda mengonsumsi susu rendah lemak atau protein bar (pilih yang mengandung sedikit gula).


5. Telur Goreng
Telur merupakan pilihan sehat untuk dikonsumsi setelah olahraga; kaya protein dan kolin yang sehat bagi jantung. Tapi hanya jika dimasak dengan cara direbus. Sementara telur yang digoreng (telur mata sapi, omelet, scrambled egg) bukan pilihan yang terbaik. Saat bercampur dengan minyak atau margarin dalam proses pemasakan, nutrisinya akan hilang dan menambah asupan lemak tak sehat bagi tubuh. Konsumsilah telur rebus dengan sedikit taburan merica yang lebih sehat


6. Sereal
Hati-hati saat memilih sereal, karena ada beberapa yang sehat namun tak sedikit pula yang tinggi gula. Bahkan ada sereal yang kandungan gulanya lebih banyak daripada sebatang cokelat. Terlebih lagi, sereal hasil olahan umumnya sudah tak mengandung serat bahkan rendah vitamin dan mineral. Jadi sebaiknya hindari konsumsi sereal setelah olahraga.sumber : http://wolipop.detik.com/read/2012/11/01/110255/2078376/849/4/hindari-konsumsi-6-makanan-ini-setelah-olahraga

0 komentar:

Poskan Komentar