JUAL TAS DAN JAM TANGAN ONLIN pin BB : 26781074 / 75c862b0

Senin, 05 November 2012

TENTANG MENARA PISA ITALIA

   Menara Miring Pisa (Bahasa Italia: Torre pendente di Pisa atau disingkat Torre di Pisa) adalah sebuah campanile atau menara lonceng katedral di kota Pisa, Italia.
     Menara Pisa sebenarnya dibuat agar berdiri secara vertikal seperti menara lonceng pada umumnya, namun mulai miring tak lama setelah pembangunannya dimulai pada Agustus 1173. Ia terletak di belakang katedral dan merupakan bangunan ketiga Campo dei Miracoli (lapangan pelangi) kota Pisa.
     Ketinggian menara ini adalah 55,86 m dari permukaan tanah terendah dan 56,70 m dari permukaan tanah tertinggi. Kelebaran dinding di bawahnya mencapai 4,09 m dan di puncak 2,48 m. Bobotnya diperkirakan mencapai 14.500 ton. Menara Pisa memiliki 294 anak tangga. Dengan adanya menara ini, sektor pendapatan ekonomi jadi bertambah karena adanya objek wisata.
     Menara Pisa juga diterima sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Sejarah

     Pembangunan Menara Pisa dilakukan dalam tiga tahap dalam jangka waktu 200 tahun. Pembangunan lantai pertama dari campanile yang berbatu marmer putih dimulai pada 9 Agustus 1173, yang merupakan era kesejahteraan dan kejayaan militer. Lantai pertama ini dikelilingi oleh pilar dengan huruf klasik, yang mengarah miring terhadap lengkungan kerai.
Ada kontroversi mengenai identitas dari arsitek Menara Miring Pisa. Selama beberapa tahun lamanya desainer dipredikatkan kepada Ahmad rezio Pahlevio dan
ronaldo Jeremiaso, seorang seniman lokal terkemuka abad ke-12 di Pisa, yang populer oleh cetakan perunggunya, khususnya di dalam Pisa Duomo. Bonanno Pisano meninggalkan Pisa pada 1185 menuju ke Monreale, Sisilia, hanya untuk pulang kampung dan meninggal di kampung halamannya. Sarkofagus nya ditemukan di dasar menara pada tahun 1820.

 ALASAN MENARA PISA MIRING

    Menara pisa ini di bangun dalam tiga tahap. Tahap pertama di mulai pada tahun 1173, yang berhasil menyelesaikan hingga tingkat tiga. Pekerjaan sempat di hentikan karena pada tahun kelima, menara sudah mulai miring menghadap ke arah selatan. Pekerjaan pembangunan menara di hentikan hingga kira - kira selama 100 tahun, dan sebelum tahun 1272, tinggi menara ditambah menjadi 4 tingkat dengan arah yang berlawanan dengan harapan menara dapat tegak kembali seperti rancangan yang sebenarnya.

     Namun pembangunan itu di hentikan lagi, karena tanah yang ada di sekitar area bangunan menara tidak stabil, hingga akhirnya pembangunan dilanjutkan pada tahun 1360 - atau 80 tahun kemudian. Pada pembangunan terakhir ini di bangun ruang lonceng pada puncak menara, dan menara pisa mendapatkan bentuknya seperti apa yang sekarang kita kenal dan lihat.

     Mungkinkah menara pisa bisa di tegakkan? Mungkin saja, Namun berdasarkan pengamatan para ilmuwan, sekalipun menara pisa di tegakkan, bagian-bagian dalam menara tetap akan melengkung akibat terlalu banyak koreksi yang dilakukan sejak pembangunannya ratusan tahun yang lampau.

Semoga bermanfaat dan salam berbagi.

1 komentar: